Sabtu, 02 Agustus 2014

Field Trip Zoologi avetebrata

assalamualaikum wr.wb
ini adalah suatu perjalanan yang panjang dan keren. mungkin gue gamampu mengemas ceritanya menjadi indah haha. ya gitulah seadanya aja. kami berada di sebuah pulau di kepulauan serib yang bernama Bira selama 4 hari

jadi, biasanya field trip zoologi itu cuma ke sea world, kali ini beda sendiri, yaitu ke sebuah pulau yang lumayan jauh. 4 jam perjalanan dari muara angke

ini kami bersama mentor
kelompok gue kali ini terdiri dari Wury, shifa, Icha dan Rusdy. yap mereka bertiga itu anak CMC Acropora....

pagi pagi gue berangkat, dan ternyata Icha telat. dengan segala upaya gue dan shifa berusaha menghalangi trontonnya buat jalan. alhasil untung aja icha bisa nyusul dan gaketinggal. huft.....

ini pas lagi dikapal, ya ampuun buluknya akoehhh haha

sampainya disana kita bersih bersih dan perkenalan laut, berenang yuhuuuu........
dan gue masih belom bisa ngangkat kepala kalo berenang, yap gue pake snorkel. sok sokan mau ikut snorkeling tanpa pake pelampung, sedangkan yang jago aja pake pelampung. haha wur wur....
gue pun make snorkel dan loncat didermaga... beuhhhhhh ternyata dalam banget, mungkin hampir sepuluh meter...hal yang pertama gue liat itu bulu babi yang hitam dan durinya panjang banget tepat dibawah gue. gue berusaha berenang, tiba tiba gue kena kaki orang dan ada yang pegangan sama gue. hello~ lo mau bunuh gue? galancar berenang ini manusiaaa.. trus gue berusaha naik. gue bete dan duduk didermaga.

tapi gue penasaran

penasaran  gue menghancurkan rasa bete gue , gue ambil pelampung yang berwarna oren itu.. dan gue pake asalasalan *masih sok binti gaya* gue loncat dan.........................

DAN WAW WOW MASYAALLAH... PEMANDANGAN YANG LUAR BIASA.
gue berusaha menghindar dari kerumunan massa biar gue gakena kaki mereka yang liar yang tadinya ngenain muka dan nyaris nenggelamin gue. gue berenang menjauhi dermaga dan semakin sepi menikmati karang karang branching dan massive beraneka warna, dan raksasa,  porifera yang warnanya sangat indahh dan menggemaskan, walau diselingi bulu babi yang seram tetap terlihat indah semua, ikan yang keluar masuk dari lubang karang. gue ngeliat ikan yang kayak jarum suntik tiga ekor, katanya kak Fadli gue beruntung bisa liat itu , karna udah lama gada yg liat.
tak terasa gue semakin jauhh dan air semakin dalam.
TIBA TIBA, snorkle gue pipanya kemasukan air dan gabisa napes karna kan mesti buka google dulu baru bisa. dan GUE BARU SADAR kalo ternyata pelampung gue mau copot dan gabisa dibenerin. air juga masuk kedalam google gua dan kehirup sama hidung. mau minta tolong ternyata gue jauh banget.
gue berjuang ke dermaga lagi, berhasil ngelepas snorkle, gue nahan napes selama itu sampai akhirnya sampe dekat dermaga dan ditolong sama cewe , dia narik gue ke karang massive raksasa. alhamdulillah masih hidup. dan disana, gada yang ngerasa kalo gue baru aja melewati maut wkwkw.

memang suatu yang indah itu berbahaya.

malamnya ada materi dan besoknya kita masang pitfall trap, dan abis itu kelaut lagi , pengamatan dengan line transect, wahhh amazinglah disini, 100 meter dari bibir pantai. disini rusdi yang paling ketengah.

pemandangan bawah laut selalu bikin senang, dan capenya brasa pas mau mandi. antrinya itu lohhh...
dan setiap kali makan kayak monster kelaperan hahaha.

nah ada yang wow, ketika petugas konservasi nyamperin, karna kita telah berbuat sesuatu, memalukan .

setiap malam ada diskusi, kali ini sampai jam 11an, setelah itu ada misi anak ksp. malam malam jam 12 kami kumpul di dermaga. behhhhhh bintang indah sih. disini gue dikasih tugas jadi pj jurnal. hem! dan ngebahas tentang suatu acara yang bertepatan dengan sac, gue malah milih sac haha peace kak, abis udah daftar duluan.


hari ketiga~
hari ini kita ngecek pitfall trap,
dan nangkap kupu kupu...
nah ini aku lagi ngidentifikasi kupu kupu bareng mentor, di candid sama icul
setelah itu, kita praktikum deh, gue dapet Linckia sp. yaitu bintang laut , dan juga yang warna coklat, teripang dan bulu babi yang dimana mana haha.


hari keempat~
hari untuk pulang, paginya transplantasi karang dulu, sebagai ungkapan rasa bersalah dan sebagai biologist yang konservasi kita ngelaksanain ini. gue sih gaikut, karna pertama gue lg sakit perut karana pms, kedua gue galancar berenang. kata temen gue sih, di dermaga dua airnya bau dan disana banyak karang yang rusak. hemm mereka menghadapi rintangan yaitu, ubur ubur.. yang segede ember , banyaaak banget.


Add caption
ini beberapa foto....................lampiran hehew
ini semacam tugu gitu....
ini gue bareng sipa, dipotoin mentor, nungguin icul nyari peralatan yang ilang ._.

itu yang dipegang, tuan crab
ini orang mulai sawan, tdinya mau sok sok galau gitu tapi failed, ada pasir dipantatnya haha
akhirnya dia berhasil pose galau wk
gue siram lo!
apa lo liat liat?! kami bukan ikan dan bukan teripang yang terdampar... kami putri du..gong. ah~
mau pulang ya? uh kasian kamu nak... lagi pms akut ya, knp nunduk? nyari duit jatoh?
kan kan salah fokus
voila, penakluk bulu babi hahhahah

nah ini kaki kami, penting bgt kan, btw seragam kami itu tetap sama yah ada beberapa yag beda sih, pokoknya baju yang dipake renang satu stel aja




SUDAH YAH! pokoknya ini keren banget, ngelilingi pulau jalan kaki, bawah laut yang indah, trus pas dikapal ujan dan air pasang. waw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar