Selasa, 08 Januari 2013

BADUY

hey its me again, i cant fall asleep
Bulan Desember 2012 kemaren. gue dan teman seangkatan pergi ke baduy.
Hell yeah :p gue milih study wisatanya Baduy, padahal teman teman gue pada gapengen baduy dengan berbagai alasan. gue pengen banget tuh ke baduy karna pas kecil kelas satu sd gue pernah baca dimajalah kalo suku baduy tuh canibal. hhaha gatau tuh pokonya diingatan gue ingetnya begitu entah pas kecil otak gue ngarang sendiri atau gue belom lancar baca. entahlah. pokonya gue selalu kebayang orang baduy dimajalah itu pake kemben dan ada bakul di kepalanya. 

"wury pilih apa?" kata seorang guru. "Baduy pak"jawab gue seiring semua mata sekelas menatap gue dengan buas seakan mau menelan gue hidup hidup trus kepala gue digantung dikapalnya kayal bajak laut blackbeard #apaini?
sepertinya mereka kesel, bukan hanya sepertinya lagi. minggu besoknya lagi ada berita yang mengejutkan. mengecewakan bagi sebagian orang dan menyenangkan bagi gue. 
"baduy terpilih horeeee"suara hati gue. sementara teman teman gue berkicau dan menggerutu. yasudahlah, hemmm

yang paling ditakutin semua hawa di angkatan gue tuh kalo mereka dpt di baduy. hemm gue juga sih. dua hari sebelum hari kebaduy, malamnya gue menghayalkan kalau gue jalan ke baduy, di hutan, gue inget kampung gue padang jadinya. trus gue mengenang masa kecil gue di hutan pas dipadang , tepatnya sih diladang. tapi mungkin anak jakarta nyebutnya itu hutan. beberapa menit kemudian khayalan gue terbang lagi ke baduy, gue ngebayangin gue dimakan sama mereka, trus gue memencet tombol next , gue mendapatkan diri sedang memain kan uno dengan anak abg baduy trus gue menang, karna gue menang terus gue diangkat jadi ratu disana, gue pun senang memakai mahkota dari akar akar dan bunga. "hidup uno". abis itu handphone gue bunyi , gue balik kedunia nyata dan melihat hape dan mendapatkan 20an sms dari para dedemit aka teman teman gue. gue abaikan saja dan balik ke khayalan gue, gue mendapati diri sedang memainkan game di hape android gue dan seluruh pend baduy bangga pada gue dan wow, kemudian gue ajarin dia nyentuh nyentuh layar android alhasil mereka malah getok getok sama batu. what the heck! hape baru gue hrrrrrr. gue gaterima sama khayalan gue dan gue mencet tombol "back". kembalilah gue kedunia nyata.

Gue liat jam didinding, wow udah jam 10 malem, hmm trus gue liat hape dan gasengaja liat jam hape, jam 02.00. gue liat lagi jam didinding, trus gue liat lagi jam hape. gue bingung saudara saudara. gue tatap jam didinding lama lama sampai jamnya salting, ternyata ia tak bergerak, gue kira salting beneran eh ternyata jam nya mati -_-
gue liat lagi jam hape , jam 02.10. *zoom out* *zoom in* *normal*  "hah!!!"teriak hati gue,*emanghatipunyamulut? #masangmukapokerface

gue pake headset dan bunyiin lagu, entah jam berapa gue pun terlelap.
esoknya "HUAAAAAAA TIDAAAAAAAAAAAAAAKKKK!!!"hati gue berteriak. gue gue dpt, tidaaaaaaakkkkk. gue galau , gue bimbang, gue bingung, gue merana, gue ngeblue #np bigbang-blue . gue pun baca baca tentang artikel buat orang dpt kalo lagi di baduy. gue pun sadar kalo lagi dpt pasti haaa susah diceritain, pokoknya sulit dah. biasanya gue cuma tidur sambil teriak teriak. tapi gue pengen banget ke baduy. gue udah packing. seiring matahari tenggelam gue semakin galau. malamnya gue pergi ke ke ariyat buat nyari tabasa, tapi gada , gue pun menuju indomart, alih alih malah ketemu zacky, huaaaaa bencana apa ini??? GUE LAGI GAPAKE KERUDUNG. hemm yasudah gue ladenin aja dia ngomong dari pada gue lari terbirit birit padahal udah diliat juga . pasrah gue. akhirnya nyari tuh tabasa bareng sisipit yang satu ini. tapi udah dicari kemana mana pake motornya, gaketemu juga. kamipun pasrah dan berdoa supaya gak ujan.

*jam stengah4*
gue bangun dan siap siap berangkat kesekolah. gue dianter sama mama, gue liatin jalan yang dingin dan sepi itu dan gue ngerasa kalo gue orang kerajinan dan kayaknya datang paling duluan. sesampainya disekolah beh!!!! gue orang ketiga terakhir yang datang hahahhahahah.. dulu pas ke bali , gue jadi orang trakhir datang di bis itu.
di bis gue duduk bareng aaw, teman sebangku gue dikelas juga. dibelakangnya sasa dan sonia. sampingnya malika. trus temen temen sekelas ipa 3.
yeaay mobil melaju dan gue ngerasa seru pas jalanan mulai ektrim, gue ngebayangin kalo gue lagi di roller coaster. gue mempengaruhi aaw buat ngikutin gue, dan akhirnya dia berubah jadi gila juga hahha. sesampainya di bis berhenti terakhir, temen temen gue pada beli tongkat,gue mikir "apaansih lebay banget nih pada pake tongkat". tapi garagara temen temen gue ngajak dan nawarin buat gue, gue ngikut juga akhirnya.

diperjalanan, gue bareng sama sipa nurma dll, tapi sipa ninggal gue dan nurma, gue tetap bareng nurma karna dia lagi gaenak badan. dijalan gue ngerasa kalo banyak orang yang baik mau nolong orang lain yang lagi susah walau dia tertinggal dibelakang dan ada juga yang mentingin diri sendiri buat cepat cepat sampai. trus ada suatu tragedy, dijalan "wur, gue numpang barang gue diplastik lo dong, biar gue yg bawa" kata juanita. trus gue iyain. tiba tiba di pemberhentian selanjutnya juanita ngasi plastik itu ke gue. gue lagi ganapes dan gabisa jawab dengan bener dan gue iya iya in aja biar cepet kelar. dia jalan duluan.  gue pun jalan, setelah beribu ribu kilometer *lebeh akhirnya gue ketemu sama juanita lagi. "wur plastik tadi mana?"kata juanita . suaranya bak halilintar yang menghanguskan gue ketika gue sadar kalo gue gamegang tuh plastik. "Haaa ketinggalan ju, mana ada jas ujan , lo nitipin apaan?"tanya gue lemes bukan karna cape. "ada dompet , dan hape gue"jawabnya polos. "what the heck, nih bocah nitipin dompet sama hp seenak jidat sama gue, gue aja naro hape baik baik di celana gue biar gailang, nah dia..."pikir gue panjang , agak kesal. gue mau balik kebelakang , namun jauh banget gue ninggalnya, trus dia juga gamau ikutan. akhirnya gue masa bodo dan berlanjut pergi. namun setiap langkah gue mikirin tuh hape sama dompet. gue aja minta hape sampe nangis nangis, nah ini gue harus gantiin hape dia? ha~ dia sih bilang gapapa, tapi gue tetap gaenak dong. trus nurma bilang itu bukan salah gue karna semua orang tralu ccape dan dia nitip dan pergi gitu aja. hemm gue tetap khawatir. sesampainya dijalan gue nemu anak ips yang hapir berantem garagara arah. akhirnya gue ngelewatin mereka aja dan jalan. karna tuh gamungkin banget lewat jalan yang daun daunnya gaterinjak sama sekali, gada bekas injakan orang seangkatan. jalan jalan akhirnya sampai juga dipermukiman penduduk. lega banget bisa ngelewatin jalan sejauh 16 km, dan gakepeleset .  gue nemu rumah nginep gue sementara, rumahnya tuh ganyentuh tanah dan lantainya dari bambu, dindingnya bambu yang dianyam, kalo atapnya dari daunnya dari (palapa mbio bahasa padangnya). akhirnya gue bersih bersih dan makan masakan mama yang dibungkus pakai daun pisang katanya biar gabasi. teman teman gue ikutan dan katanya enak hahah padahal biasa aja. 
*mataharipuntidur*
"tok tok tok"bunyi ketokan pintu, sebenarnya sih bunyinya bukan tok tok tok, tapi jebrek jebrek hahah garagara pintunya dari bambu. siapakah gerangan malam malam begini, padahal kita dilarang keluar karna lagi rapat adat. itu ternyata juanita ngajak gue ke kak panitia. gue ngelapor. gue bener bener cape pas itu, badan gue kayak digebuk orang sekampung dan ditambah ngilangin hp orang dan ditambah lagi keluar padahal dilarang. pas balik gue nyenter orang baduy yang lagi ngumpul dikegelapan pakai baju putih, semua mata mereka menatap heran dan tajam ke gue. gue gatahan, gue nangis hahahhahaha tapi gada yang nyadar karna gelap. akhirnya gue masuk dengan mata basah dan nutupin dengan kerudung, gue tiduran dan kebagian tempat di kaki kaki orang huaaaa, samping gue sarski, mpet mpetan tuh, trus tiba tiba natasha bangun dan minum di samping kepala gue, dan tiba tiba "bruuuk"bunyi aqua jatoh membasahi muka dan jaket gue. jaket satu satunya selimut gue pun basah dan tak bergunalagi.  natasha pun merasa bersalah, dia juga lagi pusing. yasudah its ok. trus septy pindah kesamping gue, jadi gue diapit septy dan sarski. dirumah itu ada tiga belas orang. gila gak tuh padahal maximalnya 10 -_-. paginya, gue ke pemukiman juanita nanya barang udah balik apa belom. dan ternyata.... BALIK BREW!!! gue salut sama orang baduy, mereka ngebalikin secara utuh. wow gue kagum, udah gitu mereka ramah bgt, ternyata pemikiran gue pas kecil itu salah. mungkin gue salah baca waktu itu hahhahahaahah. abis itu gue senang senang  deh sama pira sipa dan para gatgnf. selebihnya gada yg aneh aneh.

*perjalanan pulang*
gue pulang seangkatan bareng bareng dan beberapa orang tereliminasi dan kami juga. gue bareng pira,zacky,sipa,galih, malik,sasa. yah dijalanan tuh wow, pemandangannya indah dan arena nya gak securam pas berangkat tapi turunan cinta itu loh, ektrim banget. itu tempat galau para jomblo. tapi gue biasa aja tuh. bisa sendiri sejauh ini. malah gapernah jatoh. alhamdulillah, ada untungnya juga dulu tinggal di kampung wakak! sepanjang perjalanan gue jadi guidenya, gue ngerti berbagai tumbuhan #maklumanakkampung. gue ngeliat ada kulit jengkol, pohon kopi dll yang mereka gatau hmm. trus gue sama zacky ngajakin makan duren pas dibaduy luar, tapi pada gamau, trus pira tbtb mau dan makan dirumah penduduk. wow banget!! gue yakin semua orang pasti pada seneng juga
sampai di bis, gue ngeblue, malem dan ngeliat stars, huah! gu tidur pas orang terjaga dan gue bangun pas orang tidur. pas nyampe disekolah gue dijemput abang.


kesan: orang baduy baik, dan pada awet muda mungkin garagara makan pete, brb makan pete #eh? hahahah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar